Selasa, 24 September 2019

Aliran Modifikasi Mobil yang Sedang Tren di Indonesia


JDM (Japanese Domestic Market)

Aliran modifikasi mobil ini merupakan aliran yang cukup banyak digandrungi oleh kalangan anak muda. Aliran JDM berfokus pada semua komponen mobil menggunakan parts asli Jepang, bukan parts replika dan tidak diedarkan di Indonesia. Namun, seiring berkembangnya kebutuhan komponen modifikasi, aliran ini justru berkembang dengan mengandalkan parts tambahan yang berasal dari Eropa. Hal ini dikarenakan beberapa pasar mobil di Eropa memiliki karakter mobil yang mirip dengan mobil Jepang, yakni karakter hand-right steering (posisi stir pengemudi di sebelah kanan) yang membuat beberapa parts memiliki kesamaan dengan apa yang ada di Jepang. Walaupun berkembang di pasar Eropa, beberapa parts modifikasi tersebut bisa dibilang sebagai aliran parts modifikasi JDM.

Stance's

Akhir-akhir ini, peminat aliran modifikasi Stance semakin berkembang di Indonesia. Gaya modifikasi ini sangat digemari kalangan anak muda. Beberapa pecinta modifikasi mobil ini menganggap aliran Stance pada awalnya merupakan istilah para penggemar mobil ceper di Amerika. Dimana ungkapan tersebut mengacu pada mobil dengan ban atau roda dimiringkan. Bisa dibilang, aliran Stance merupakan aliran aggresive fitment dan slammed ride. Dimana aliran ini mengadaptasi pada velg lebar dan ruang jarak pada ban terlihat miring, serta jarak mobil pada tanah harus seminimal mungkin. Tapi sekarang banyak orang yang memasangkan airsuspension pada mobilnya, agar mobil tersebut dapat memiliki kerendahan yang dapat diatur, sehingga mobil tersebut dapat seminimal mungkin dekat dengan tanah atau jalan.

Vintage/Retro

Untuk aliran modifikasi mobil yang satu ini, pasti anda cukup familiar bukan? Gaya klasik, vintage, ataupun retro sama-sama memiliki arti yang mengutamakan originalitas pada setiap parts mobil. Biasanya aliran modifikasi ini ideal untuk pecinta mobil era 70an, 80an, maupun 90an. Namun,tentu saja tidak sesederhana apa yang anda pikirkan. Karena beberapa parts mobil original dan berumur tua memiliki harga yang mahal. Kenapa mahal? Karena parts mobil retro yang original saat ini sudah sangat langka untuk ditemukan di pasaran dan kebanyakan sudah tidak di produksi. Oleh karena itu, biasanya orang Indonesia membeli sparepart mobil sampai ke luar negeri atau secara online melaui e-bay. Namun, harganya sparepart mobil tua pasti sangat mahal dikarenakan langka. Tetapi biasanya orang yang memilih aliran modifikasi vintage/retro ini sudah memikirkan dan mempersiapkan dana yang sangat banyak untuk melakukan modifikasi aliran ini.



Street Racing

Aliran modifikasi street racing ini sangat banyak ditemukan di jalanan Indonesia. Ubahan yang dilakukan pada aliran street racing, yaitu interior dan eksterior. Pada interior yang dilakukan perubahan seperti jok, rollbar, stir, dan kebutuhan pendukung lainnya. Sedangkan perubahan eksterior yang dilakukan seperti body kit, knalpot, spoiler, diffuser, Untuk kaki-kaki yang diubah seperti velg, ban, shockbreaker standar diganti menggunakan coilover, tetapi jika tidak mau menggunakan coilover bisa hanya potong shockbreaker standar agar jadi lebih pendek. Karena kerendahan mobil bisa mempengaruhi kestabilan mobil. Pada aliran street racing tidak harus atau tidak disarankan untuk melakukan ubahan atau penambahan audio. Orang yang menggunakan aliran street racing biasanya juga melakukan ubahan pada sektor mesin atau performa mobil. Biasanya ubahan yang dilakukan pada sektor performa, yaitu penggunaan pipeing, mengubah air filter yang terbuka, melakukan porting polish, menggunakan ECU Racing, dan menambahkan turbo pada mobilnya jika mobil itu belum ada turbonya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mobil yang Cocok Untuk Daily Drift atau Drifter Pemula

Mobil yang Cocok Untuk Daily Drift atau Drifter Pemula BMW E36 323i BMW merupakan sebuah mobil pabrikan Jerman. Mobil...